Karang Taruna Pemuda Limbuhang Budidayakan Jahe Merah dan Ikan Patin


Karang Taruna Pemuda Limbuhang merupakan wadah  organisasi social pemuda di Desa Pematang Hambawang Kecamatan Astambul Kabupaten Banjar  

Kebun yang ditanami oleh anggota Karang Taruna Pemuda Limbuhang (demplot semaian seledri)

Anggota  Karang Taruna Pemuda Limbuhang ini terbilang kreatif dalam mengisi waktu mereka, bagaimana tidak, disela kesibukan sehari hari yang masih duduk dibangku SMekolah Menengah Atas, aktif di perkuliahan dan sebagian sebagai Petani ini menyempatkan waktu untuk mengembangkan berbagai jenis usaha dan budidaya diantaranya Budidaya Ikan Patin dan tanaman Jahe Merah.
                        
                      
Mereka yang rutin berkumpul setiap Senin malam setelah isya mengagendakan 2 kali dalam seminggu untuk bergantian mengelola Ikan Patin dan Tanaman Jahe Merah yang ditanam di beberapa titik di Kebun anggota Karang Taruna Limbuhang, Tidak hanya itu, biasanya mereka juga membuat kerajinan sapu lidi aren maupun kelapa, dan hasilnya dijual hingga 10.000 rupiah per buah yang labanya diperuntukkan untuk kas Karang Taruna.


Budidaya Jahe Merah oleh Karang Taruna Pemuda Limbuhang

Disamping kumpul tiap malam selasa untuk mengisi kegiatan untuk menambah keakraban anggota Karang Taruna diadakan lah arisan mingguan sesame anggota sembari sambil bertukar fikiran menuangkan ide ide kreatifitas dan inovasi dalam hal pengembangan karang taruna tersebut.

Maka Tak heran jika Kaarng Taruna Pemuda Limbuhang pun mendapatkan penghargaan peringkat ke 3 Karang Taruna Berprestasi se Kabupaten Banjar.

Ibu Fatmawati selaku Pambakal Desa Pematang Hambawang mengatakan sangat bangga dan berterimakasih atas prestasi yang diukir para pemuda pemuda desa , hal ini sangat diapresiasi karena telah turut mengharumkan nama desa dan membantu perkembangan desa.

Selain itu dalam mewujudkan hal tersebut tentu tidak lepas dari peranan Pemerintah Desa yang mensupport semua kegiatan kegiatan karang taruna Pemuda Limbuhang dan pemhatian dan pembinaan dari Karang Taruna Kabupaten Banjar.


Edwin : Anggota karang taruna Pemuda Limbuhang memberi pakan ikan patin di kolam yang dikelola oleh Karang Taruna.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar